:RE-VANSDARKâ„¢ Is Valid HTML5
Join Us !!

ADS

Rabu, 19 Desember 2012

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting ke Windows

0 komentar
Read More →
Saat computer telah lama dipakai, terkadang bisa saja terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Berbagai masalah bisa saja muncul, mulai computer mulai berjalan lambat atau lemot, tidak bisa buka ini dan itu, computer terinfeksi virus, computer hang, dan kejadian error lainnya yang tidak kita undang sebelumnya. Yang lebih parah adalah ketika computer tidak bisa booting dan login masuk ke windows. Tentu saja hal tersebut tidak bisa membuat kita berbuat banyak, langsung saja dibawa ke tukang servis…. Tapi saran saya nanti dulu jangan dibawa ke tukang servis computer sebelum anda membaca tips ini.
Ketika computer tiba-tiba ngadat tidak mau booting dan login ke windows, pertama-tama jangan panik terlebih dahulu, ambil nafas yang panjang kemudian berusahalah untuk mengatasinya dengan tips berikut ini. Ada beberapa cara dan tahapan yang bisa kita coba usahakan untuk memperbaiki computer yang tidak bisa booting atau logon ke windows sebelum akhirnya jika tidak berhasil juga silahkan dibawa ke tukang servis andalan anda.
  1. Booting melalui Safe mode.
    Dengan booting melalui safe mode, windows akan berjalan dengan beberapa fitur yang terbatas artinya beberapa fitur dinonaktifkan. Untuk booting melalui safe mode, restartlah computer anda dan pada saat windows melakukan power self on test tekan tombol F8 kemudian pilih Safe Mode pada daftar pilihan booting kemudian tekan enter.
    Jika anda bisa masuk ke windows dengan safe mode, berarti permasalahan terdapat pada driver, software atau aplikasi yang terinstall. Bisa juga dikarenakan oleh virus.

    safe mode

  2. Jika cara Safe Mode belum berhasil, anda bisa mempergunakan CD/DVD windows untuk melakukan repair windows. Booting menggunakan CD/DVD windows anda kemudian pilih repair untuk memperbaiki windows anda. Jika terdapat pesan bootmgr is missing, anda bisa masuk ke command prompt danketik bootrec /fixboot dan tekan enter atau fixmbr kemudian restart computer.

    repair windows

  3. Apabila cara nomor 2 masih belum berhasil, lakukan booting menggunakan cd Linux. Jika Linux bisa berjalan dengan baik, maka permasalahan terdapat pada windows, dan cara yang terbaik adalah install ulang windows anda. Jika pada tahap ini masih juga belum berhasil berarti kerusakan terdapat pada hardware (harddisk, memory, motherboard, dll)

    booting ubuntu
Demikianlah tips untuk memperbaiki windows yang tidak bisa booting, semoga bermanfaat, dan silahkan anda lanjutkan membaca pada artikel yang lain.
Anda Baru Saja Membaca Artikel Tentang Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting ke Windows ,Anda Boleh Menyebarluaskan / Mengcopy Paste Artikel Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting ke Windows Ini Bermanfaat Buat Anda , Namun Saya Mohon Untuk Mencantumkan Link Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting ke Windows Sebagai SumberNya.